BAGJA Sebagai Paradigma Perubahan Untuk Mewujudkan Visi

 BAGJA merupakan suatu paradigma atau pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan untuk melakukan suatu proses perubahan yang akan kita laksanakan dalam upaya mewujudkan visi seorang guru penggerak. Pendekatan Inkuiri Apresiatif ini akan mampu merangkul potensi inovatif dan kreativitas serta menyatukan  banyak orang untuk mencapai satu tujuan yang sama.

Setelah pembelajaran modul ini, saya akhirnya mampu untuk menyusun suatu rancangan BAGJA yang sangat sederhana yang saya dapat laksanakan untuk membuat suatu perubahan di kelas saya saat pembelajaran berlangsun. Saya membuat suatu prakarsa perubahan yang mungkin bagi orang lain sangat sederhana, namun bagi saya hal yang saya lakukan ini sangat mendasar. Prakarsa perubahan yang saya lakukan adalah mengembangkan aktivitas pembelajaran yang dapat mendorong keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Keaktifan peserta didik bagi saya sangatlah penting untuk melibatkan mereka secara penuh dalam proses pembelajaran yang kita laksanakan. Keterlibatan mereka secara penuh ini akan membuat mereka merasakan proses pembelajaran yang terjadi sebagai sesuatu proses yang akan memberikan kebermaknaan bagi mereka. 

Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran modul ini adalah semangat yang lebih tinggi untuk melaksanakan perubahan-perubahan lainnya, bahagia saat melihat senyum bahagia murid-murid saya serta keinginan untuk belajar lebih banyak lagi untuk mengembangkan proses pembelajaran yang saya laksanakan. Saya melihat senyum dan tawa mereka saat saya menerapkan aktivitas pembelajaran yang melibatkan mereka secara penuh. Hal ini menumbuhkan semangat dalam diri saya untuk berinovasi dengan aktivitas-aktivitas pembelajaran lain yang lebih bervariasi.  Saya merasakan "kegairahan" mereka dalam proses pembelajaran yang saya laksanakan.

Setelah melakukan pembelajaran modul ini, target saya selanjutnya adalah membuat perubahan-perubahan lain di kelas pembelajaran saya serta di cakupan lingkup yang lebih luas lagi. Saya tertantang tidak hanya membuat prakarsa perubahan dalam lingkup kelas, tapi juga dalam  lingkup  sekolah.

Aksi Nyata yang saya lakukan setelah mempelajari modul ini saya dokumentasikan dalam tautan YouTube berikut https://youtu.be/9rhkMhowtYs

  

  





Comments

Popular posts from this blog

Suara, Pilihan, dan Kepemilikan Sebagai Bentuk Kepemimpinan Murid

Kolaborasi dan Komitmen Berkesinambungan Sebagai Dasar Membangun Budaya Positif

Aset Kita, Kekuatan Kita